Langsung ke konten utama

15 Penyebab Kanker Usus Besar Menurut Para Ahli

Anda tertarik untuk mempelajari apa yang menyebabkan kanker usus besar? Di sini Anda akan belajar tentang 15 hal tentang penyebab kanker usus besar menurut para ahli atau faktor-faktor yang memebrikan kontribusi untuk pengembangan kanker. Berikut adalah 15 faktor penyebab umum yang mendasari pengembangan kanker kolorektal ( kanker kolon dan rektum) 1. Usia Usia merupakan faktor risiko nomor satu untuk kanker usus besar. Apakah itu berarti bahwa usia menyebabkan kanker usus besar? Tidak secara langsung. Hanya saja pada usia 50 atau lebih, satu dari empat orang memiliki polips usus, faktor utama pengembangan kanker kolon. 2. Minuman  Penelitian telah menunjukkan bahwa alk0hol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Penelitian dari para ahli juga telah menunjukkan bahwa alkohol memicu polips usus. 3. Diabetes Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin memberikan kontribusi untuk perkembangan kanker usus besar. Sec

15 Penyebab Kanker Usus Besar Menurut Para Ahli

Anda tertarik untuk mempelajari apa yang menyebabkan kanker usus besar? Di sini Anda akan belajar tentang 15 hal tentang penyebab kanker usus besar menurut para ahli atau faktor-faktor yang memebrikan kontribusi untuk pengembangan kanker.

Berikut adalah 15 faktor penyebab umum yang mendasari pengembangan kanker kolorektal ( kanker kolon dan rektum)

1. Usia


Usia merupakan faktor risiko nomor satu untuk kanker usus besar. Apakah itu berarti bahwa usia menyebabkan kanker usus besar? Tidak secara langsung. Hanya saja pada usia 50 atau lebih, satu dari empat orang memiliki polips usus, faktor utama pengembangan kanker kolon.

Penyebab Kanker Usus Besar

2. Minuman 


Penelitian telah menunjukkan bahwa alk0hol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Penelitian dari para ahli juga telah menunjukkan bahwa alkohol memicu polips usus.

3. Diabetes


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin memberikan kontribusi untuk perkembangan kanker usus besar. Secara umum, penderita diabetes hingga 40% lebih mungkin untuk mengembangkan kanker usus besar daripada orang yang tidak memiliki diabetes.

4. Diet


Diet tinggi lemak dan kolesterol (terutama dari sumber hewani) telah ditemukan menyebabkan kanker usus besar. Makanan rendah serat juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terhadap kanker usus besar.

5. Lingkungan


Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan dapat memainkan peran besar dalam perkembangan kanker usus besar. Di mana Anda tinggal, yang ada di sekitar Anda, pekerjaan Anda, dan bahkan ketika Anda bekerja semua dapat mempengaruhi risiko Anda mengembangkan kanker usus besar.

6. Etnis, dan Status Sosial


Apakah kanker kolorektal menimpa semua orang sama atau beberapa kelompok orang lebih mungkin didiagnosis daripada yang lain? Alasan bervariasi, tetapi beberapa kelompok mendapatkan kanker kolorektal lebih sering daripada yang lain. Suku, dan status sosial semua memainkan peran.

7. Sejarah Medis Keluarga


Kebanyakan kanker usus besar terjadi pada orang yang memiliki riwayat keluarga penyakit.

Kanker usus besar dapat berjalan dalam keluarga. Apakah Anda pada peningkatan risiko tergantung pada anggota keluarga didiagnosa dan pada usia berapa didiagnosa.

8. Jenis kelamin


Anda mungkin pernah mendengar bahwa pria lebih mungkin untuk mendapatkan kanker kolorektal daripada wanita. Anda mungkin pernah mendengar hal itu sebaliknya, juga. Kedua pernyataan bisa benar tergantung pada konteks.

9. Genetika


Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam link genetik. Contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar termasuk mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (herediter non-polyposis kanker kolorektal).

10. Penyakit inflamasi usus (IBD)


Penyakit radang usus, sering ditandai dengan kondisi seperti ulcerative colitis dan penyakit Chron, ini akan meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal. Secara umum, semakin lama seseorang memiliki penyakit radang usus, semakin besar nya kesempatan untuk mengembangkan kanker kolorektal.

11. Kurangnya aktifitas fisik


Tidak ada menyangkal bahwa olahraga baik untuk Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup pasif berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar.

12. Obesitas


Semua orang tidak ada yang suka memiliki kegemukan. Tapi, obesitas adalah istilah medis yang menunjukkan seseorang melebihi berat badan mereka. Dan jawaban atas pertanyaan adalah ya, obesitas bisa ya bisa tidak dalam meningkatkan risiko kanker usus besar.

13. Sejarah Medis Pribadi


Riwayat kesehatan pribadi Anda secara signifikan dapat berdampak peluang Anda terkena kanker kolorektal. Sebuah riwayat kesehatan yang mencakup polip, peradangan usus, atau kanker tertentu sangat relevan sekali dengan penyebab.

14. Polips usus


Hampir semua kanker usus besar berkembang dari polip adenomatosa di usus besar, umumnya disebut sebagai polip usus. Sebuah riwayat pribadi atau keluarga polip menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk kanker usus besar.

15. Gaya hidup buruk


Mer0kok dalam jangka panjang akan menyebabkan kanker usus besar karena dua alasan utama. Pertama, terhirup atau tertelan asap t3mb4kau mengangkut karsinogen ke usus besar. Kedua, penggunaan temb4kau akan memunculkan atau meningkatkan ukuran polip.

Sekarang bahwa Anda memiliki pegangan yang baik pada apa yang menyebabkan kanker usus besar, Anda bisa belajar untuk mencegah itu.

Referensi

- Colon Cancer: How is Colon Cancer Inherited? Genetic Health. 4 Aug. 2000. 23 Jun. 2006 [http://www.genetichealth.com/CRC_Colon_Cancer_Does_Colon_Cancer_Run_in_Families.shtml].
- Colon Cancer: What Causes Colon Cancer? eHealthMD. Oct. 2004. 23 Jun. 2006 [http://www.ehealthmd.com/library/colon-cancer/Colon-Cancer_causes.html].
- Colorectal Cancer Prevention and Treatment. National Foundation for Cancer Research. 23 Jun. 2006 [http://www2.nfcr.org/site/PageServer?pagename=cancers_colorectal].
- Overview: Colon and Rectum Cancer: What Causes Colorectal Cancer? American Cancer Society. 15 Mar. 2006. 23 Jun. 2006 [http://www.cancer.org/docroot/CRI/content/CRI_2_2_2X_What_causes_colorectal_cancer.asp?sitearea=].
- Spirits Raise Colon Cancer Risk: Heavy Liquor Drinkers Have Increased Risk of Colon Cancer. 
WebMD. 15 Oct. 2003. 23 Jun. 2006 [http://www.webmd.com/content/article/75/89702.htm]. 
-Image source : http://images.medicinenet.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kanker Kolon Stadium Awal, 1, 2, 3, dan 4

Anda harus membuat keputusan pengobatan ketika mengalami gejala dimulai dengan stadium kanker, atau perkembangan, penyakit. Stadium kanker kolon adalah salah satu faktor paling penting dalam mengevaluasi pilihan pengobatan. Dokter akan menggunakan berbagai tes diagnostik untuk mengevaluasi kanker usus besar Anda dan mengembangkan rencana perawatan individual. Jika Anda telah baru-baru didiagnosis, dokter akan meninjau secara patologis untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah menerima diagnosis yang akurat dan memberi informasi rencana perawatan pribadi. Ciri-ciri kanker kolon stadium awal atau stadium 0 Juga dikenal sebagai karsinoma in situ atau karsinoma intramucosal, ini adalah tahap awal kanker kolorektal. Pada tahap 0, kanker belum tumbuh melampaui lapisan dalam dari usus besar atau rektum. Beberapa diagnosis kanker kolon tahap 0 sebagai berikut: 1. Kanker belum tumbuh melampaui lapisan usus besar atau rektum. 2. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening. 3. Be

Gejala Kanker Usus Besar Kiri Dan Melintang

Kanker usus besar atau ca clon adalah penyakit yang bisa diobati jika terdiagnosa pada stadium awal atau dikenal stadium 0. Seperti kita ketahui, gejala-gejala kanker usus besar dapat bervariasi tergantung lokasi kanker sebagaimana telah disebutkan dalam artikel sebelumnya. Para ahli membagi usus besar dibagi menjadi empat yaitu usus besar sebelah kanan, kiri, melintang dan sigmoid. Gejala kanker usus besar sebelah kiri. Gejala-gejala kanker usus besar di sebelah kiri dikaitkan anatomi daerah itu sendiri. Lumen usus besar lebih kecil daripada usus sebelah kanan sehingga  gejala yang ditimbulkan adalah karena obstruksi lumen. Gejala utama dari kanker usus besar sebelah kiri adalah perubahan kebiasaan buang air besar. Orang akan mengalami peningkatan serangan sembelit. Mereka juga dapat melihat perubahan dalam feses. Biasanya, feses juga dapat dilapisi dengan garis-garis darah, meskipun gejala-gejala ini juga dapat dilihat pada kanker di usus besar sebelah kanan, namun b